Selasa, 09 November 2010

Solusi Tidak Dapat Booting Saat Install Ubuntu

Mungkin anda pernah mengalami gagal saat install Ubuntu, tampilan layar anda ngeblank hitam dan keluar Power Saving. Sebenarnya ubuntu tersebut jalan tapi tidak tampak, hal tersebut di karenakan resolusinya yang tidak suport. Jadi bagaimana solusinya. Ikuti langkah berikut ini:

Booting ubuntu dengan Live CD

Kemudian Tekan Enter untuk memilih Bahasa Inggris

Pada layar utama akan ada tulisan Try Ubuntu without any change to computer, jika ingin menjalankan nya tanpa di install ubuntu pilih yang atas kemudian Tekan F6 diikuti tombol ESC. Maka anda akan melihat baris perintah di bagian bawah layar. Masukkan "nomodeset" (tanpa kutipan) di akhir baris perintah dan tekan Enter. Tapi jika ingin menginstall pilih yang Install Ubuntu.

Maka setelah itu anda seharusnya bisa masuk ke Ubuntu. Tapi jika layar anda masih ngeblank hitam maka ada prosedur yang salah. Silahkan ulangi lagi.

Kemudian jika anda sudah menginstallnya pasti nantinya juga akan mengalami layar hitam ketika mau booting lewat grub. Jadi solusinya sama , sorot menu yang paling atas di Grub yang bertuliskan Ubuntu, Linux ... Generic. Kemudian tekan "e"


Kemudian scroll ke bawah cari baris yang dimulai dengan kata "linux" kemudian pindah kursor ke akhir dan tambahkan kata "nomodeset".



Tekan Tombol Ctrl+X untuk melakukan Booting.

Setelah sukses masuk ke Ubuntunya kemudian jalankan perintah :
sudo gedit /boot/grub/grub.cfg



Cari baris yang bertuliskan linux /boot/vmlinuz kemudian tambahkan kata nomodeset di paling akhir. Kemudian save .Semoga berhasil dan selamat mencoba .............

0 komentar:

Posting Komentar